MAKALAH - PENGARUH PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA DALAM BIDANG EKONOMI

BAB 1
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang

Agama islam dalam waktu yang relative cepat, ternyata agama islam dapat diterima dengan baik oleh sebagian besar lapisan masyarakat Indonesia, mulai dari rakyat jelata hingga raja-raja. Sehingga penganut agama ini pada akhir abad ke-6 H (abad ke 12 m) dan tahun-tahun selanjutnya, berhasil menjadi kekuatan muslim Indonesia yang ditakuti dan diperhitungkan.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan agama islam cepat berkembang di Indonesia, yaitu faktor agama, politik dan ekonomi.
Perkembangan agama islam juga tersebar dipulau-pulau antara lain pulau Sumatra, jawa, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, irian dan di nusatenggara

B.    Rumusan Masalah
Sejalan dengan latar belakang yang telah dipaparkan di atas penulis memaparkan beberapa rumusan masalah di dalam makalah ini, yakni:
1.     Apa saja tahapan-tahapan dalam bidang ekonomi?
2.     Bagaimana penjelasan tentang tahap perkembangan?

C.    Tujuan Makalah
Selain dengan rumusan masalah di atas, ada beberapa tujuan yang hendak di capai dalam penyusunan makalah ini, yakni:
1.     Untuk mengetahui perkembangan agama islam dalam bidang ekonomi.
2.     Untuk mengetahui perkembangan agama islam dalam tahap pertumbuhan, perkembangan dan pembentukan

D.   .Kegunaan Makalah
Makalah ini disusun dengan memberikan manfaat baik secara teoritis maupun secara praktis. Secara teoritis diharapkan makalah ini bermanfaat sebagai pengembangan ilmu dan wawasan. Secara praktis makalah ini diharapkan bermanfaat bagi:
1.     Penulis, sebagai tempat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang perkembangan agama islam di Indonesia.
2.     Pembaca, sebagai media informasi tentang perkembangan agama islam di Indonesia

E.    Prosedur Makalah

Makalah ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif. Melalui metode ini penulis akan menguraikan permasalahan yang dibahas secara jelas. Data teoritis dalam makalah ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi pustaka. Artinya penulis mengambil data melalui kegiatan membaca berbagai literature dengan tema makalah.

lebih lengkap bisa di download pada link berikut =====> 

DOWNLOAD

Komentar