Download : Makalah "Banjir"



A.  Latar Belakang Masalah
Banjir adalah aliran yang relatif tinggi, dan tidak tertampung oleh alur sungai atau saluran. Aliran yang dimaksud disini adalah aliran air yang sumbernya bisa dari mana saja. Dan air itu keluar dari sungai atau saluran karena sungai atau salurannya sudah melebihi kapasitasnya. Kondisi inilah yang disebut banjir.
Banjir terbesar yang sudah menjadi tradisi ini biasaya terjadi setiap 5 tahun sekali. Mengingat keadaan ini selalu terulang dan terulang, maka muncullah pertanyaan yang menggelitik penulis. Pertama, apakah keadaan ini tidak ditanggulangi, atau tidak tertanggulangi? Kedua, apakah karena sudah menjadi tradisi yang selalu berulang setiap tahun maka kejadian ini dianggap sebagai hal biasa? Benarkah bahwa banjir fantastik yang terjadi setiap lima tahun sekali itu sebuah kebiasaan alam (ritual) yang memang pasti terjadi? Untuk mencoba menjawab pertanyaan di atas maka dibuatlah makalah ini.

B.  Perumusan Masalah
1.     Apa Pengertian Banjir?
2.    Apa yang menyebabkan banjir terjadi ?
3.    Faktor-faktor apa sajakah yang dapat memicu terjadinya banjir ?
4.    Bagaimana cara menngantisipasi banjir ?
5.    Bagaimana cara menanggulangi banjir ?
6.    Dampak terjadinya banjir ?

C.  Tujuan Penelitian
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menyebabkan banjir tahunan sering kali terjadi agar kita mengetahui cara-cara mengantisipasi dan menanggulangi banjir tahunan tersebut.
Dengan adanya karya ilmiah ini diharapkan masyarakat mampu mengantisipasi atau mencegah agar banjir yang sering kali terjadi di kemudian hari.

Lebih lengkapnya Download disini!

Komentar